LIGA Sepak Bola Jerman (DFL) mengonfirmasi Bundesliga Jerman akan dilanjutkan pada Sabtu, 16 Mei. Bundesliga merupakan liga Eropa pertama yang telah menentukan rancangan kembali bergulirnya kompetisi yang ditunda sejak Maret lalu imbas pandemi covid-19.

“Saya melihat laporan dari seluruh dunia bahwa kami adalah bon besar pertama yang kembali, ” kata Kepala Eksekutif DFL Christian Seifert, Kamis (7/5).

“Ini hanya dapat terjadi karena kami mendapat keluarbiasaan hidup di salah satu sistem kesehatan paling modern di dunia, ” tambahnya.

DFL mengatakan pertandingan hendak melalui protokol medis yang erat dan melarang pendukung untuk terlihat di stadion.

Pada hari Sabtu memukul 15: 30 waktu setempat ataupun 20: 30 WIB akan memainkan pekan ke-26, yakni Borussia Dortmund vs Schalke 04, RB Leipzig vs SC Freiburg, Hoffenheim vs Hertha BSC, Fortuna Düsseldorf vs SC Paderborn dan Augsburg vs Wolfsburg. Lalu, dilanjutkan partai Eintracht Frankfurt melawan Borussia Mönchengladbach di dalam 18: 30 waktu setempat.

Lalu, pada Minggu (17/5) akan memainkan pertarungan FC Koln vs Mainz 05 dan Union Berlin vs Bayern Muenchen. Lalu, pada Senin (18/5) akan dilangsungkan partai Werder Bremen vs Bayer Leverkusen.

Pekan terakhir di musim 2019/2020 dijadwalkan berlangsung di dalam 27 hingga 28 Juni.

Pemerintah Jerman telah memberi hijau untuk melanjutkan Bundesliga untuk menghindari ancaman finansial yang akan dihadapi klub juga kompetisi dihentikan. Akan tetapi, pemerintah memberi syarat kepada klub untuk mematuhi protokol medis yang ditetapkan.

Pemain akan dites covid-19 setidaknya seluruhnya dalam sepekan. Lalu, selama perlawanan maksimum dihadiri 322 orang dengan merupakan gabungan dari tim, perangkat pertandingan, staf medis, dan pekerja siaran televisi. Kemudian staf medis akan dibekali alat pelindung muncul atau APD.

Pemain di bangku cadangan tetap menerapkan social distancing & konferensi pers akan digelar secara virtual.

Pemerintah Jerman sendiiri telah berangsur melonggarkan kebijakan lockdown atau kuncitara dan semua olahraga terbuka sudah diizinkan kembali bergulir dengan kondisi tetap melakukan social distancing. (goal/OL-4)

Artikel lainnya Data HK