DINAS Gaya Kerja, Transmigrasi, dan Energi (Disnaker) DKI Jakarta menjamin kerahasiaan para-para pelapor pelanggaran protokol kesehatan di perusahaan melalui aplikasi JAKI.

Menurutnya, penerapan tersebut memang dirancang untuk menerima laporan dengan sekaligus melindungi data-data pelapor. Kepala Dinas Tenaga Kegiatan, Transmigrasi, dan Energi (Disnaker) DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan bentuk tersebut mengadopsi sistem pelaporan yang dimiliki oleh Polri.

“Iya kita jamin kerahasiaan pelapor. Semua orang dengan melapor ke JAKI akan dirahasiakan. Seperti laporan ke Polisi tersebut kan dirahasiakan, tidak pernah dikenal siapa yang melaporkan. Kita menyimak pola-pola yang dilakukan polisi di mengungkap suatu kasus, ” sekapur Andri di Balai Kota, Senin (14/9).

Ia pun mengajak agar para-para karyawan kantor tak ragu dan khawatir disanksi oleh perusahaan karena membuat laporan tentang pelanggaran aturan kesehatan di tempatnya bekerja. Sebab, ia menjamin kerahasiaan data pelapor.

“Silahkan kalau mau melapor dari privat ketika melihat pelanggaran. Kita malah berterima kasih karena ikut membangun memutus mata rantai penularan, ” jelas Andri. (OL-4)