BAYER Leverkusen memang gagal meraup poin lengkap saat kalah 2-4 dari awak tamu Bayern Muenchen dalam lanjutan Bundesliga, Sabtu (6/6). Namun, bagi pemain muda Leverkusen, Florian Wirtz, laga di Stadion BayArena itu akan menjadi laga yang hendak selalu dikenang.

Dalam pertandingan tersebut, Wirtz menyumbang satu gol bagi Leverkusen satu menit jelang laga sudah. Walau tidak mampu membawa timnya terhindar dari kekalahan, namun gol tersebut membawa gelandang serang asal Jerman itu mencetak rekor hangat di Bundesliga.

Gol ke gawang Muenchen yang dikawal Menue Neuer tersebut membuat Wirtz menjadi pemain bungsu yang mampu mencetak gol pada kompetisi sepak bola tertinggi pada Jerman. Ia mencetak gol tersebut saat berusia 17 tahun 34 hari.

Sebelumnya, rekor pemain termuda dengan mampu mencetak gol di Bundesliga dipegang Nuri Sahin dengan usia 17 tahun 82 hari. Saat masih berkostum Borussia Dortmund, Sahin membuat rekor tersebut setelah mencetak gol ke gawang Nuremberg di 2005 atau saat Wirtz sedang berusia 2 tahun.
         
“Kami tahu ia (Wirtz) adalah pemain dengan bakat sangat gembung. Itulah sebabnya, ia menjadi andalan, ” ungkap pelatih Leverkusen Peter Bosz.

“Hari ini dia mendaat pengajian paling penting sejak dia mulai bermain sepak bola. Yaitu waktu pada level ini jauh lebih tinggi daripada yang biasa dia lakukan, ” imbuhnya

Wirtz melakukan debut untuk Leverkusen melawan Werder Bremen bulan lalu dan menjadi debutan termuda dalam sejarah klub dan yang termuda ketiga di Bundesliga. Wirtz yang semasa yunior pernah bergabung dengan FC Koln, diperoleh Leverkusen di bursa transfer, Januari lalu. (AFP/R-1)