Platform Netflix mendominasi perebutan Piala Oscar tahun ini, masa nominasi Academy Awards 2021 diumumkan, Senin (15 /3), dengan Mank memimpin dengan 10 nominasi.

Di sisi lain, perempuan sutradara melaksanakan sejarah dengan dua kandidat di kategori Sutradara Utama untuk pertama kalinya.

Beserta adalah fakta-fakta menarik pada perhelatan Academy Awards 2021 yang akan berlangsung bulan depan.

  1. Sutradara Emerald Fennell (Promising Young Woman) dan Chloe Zhao (Nomadland) dinominasikan buat Sutradara Terbaik. Zhao yang baru saja memboyong penghargaan Golden Globe dan Critics Choice di kategori persis, bisa menjadi wanita kulit berwarna pertama dalam cerita yang membawa pulang penghargaan tersebut jika dia lulus;
  2. Sutradara Zhao dan Minari Lee Isaac Chung juga membuat sejarah dengan menjadikan adanya dua sineas turunan Asia yang dinominasikan untuk penyutradaraan mereka. Sementara tersebut, aktor Steven Yeun (Minari) menjadi orang Korea-Amerika pertama yang dinominasikan untuk Pemain Terbaik dalam Peran Sari — salah satu dibanding sejumlah nominasi aktor jangat berwarna yang dinominasikan tarikh ini, dengan Variety merekam kategori akting adalah dengan paling beragam dalam cerita penghargaan.
  3. Mank ,   The Father ,   Judas and the Black Messiah ,   Minari ,   Nomadland ,   Promising Young Woman ,   Sound of Metal   dan The Trial of the Chicago 7   masuk kandidat Film Terkemuka ( Best Picture).
  4. Netflix adalah pemenang besar di dalam nominasi: Selain Mank, ada Da 5 Bloods mendapatkan satu nominasi, The Trial of the Chicago 7 mendapatkan enam nominasi, dan Ma Rainey’s Black Bottom mendapatkan lima, termasuk nominasi untuk Aktor Terbaik bagi mendiang Chadwick Boseman.
  5. Nomine lain untuk Aktor Ulung adalah Riz Ahmed ( Sound of Metal ), Anthony Hopkins ( The Father ), dan Gary Oldman ( Mank ). Adapun Viola Davis ( Ma Rainey’s Black Bottom ), Andra Day ( The United States vs. Billie Holiday ), Vanessa Kirby ( Pieces of a Woman ), Frances McDormand ( Nomadland ), dan Carey Mulligan ( Promising Young Woman ) menjadi para nomine Aktris Terbaik.
  6. Film-film yang tahu dijagokan, tapi ternyata tercampak adalah Da 5 Bloods dan Ma Rainey yang tidak lolos kategori Hidup Terbaik. Sementara itu, Aaron Sorkin dan Regina King juga terabaikan dari kategori Sutradara Terbaik (masing-masing buat The Trial of the Chicago 7 dan One Night di Miami); & Jodie Foster juga tidak lolos dalam nominasi Aktris Pendukung Terbaik untuk The Mauritanian kendati memenangkan Golden Globe untuk perannya.
  7. Dengan nominasi terbarunya ini, aktris Viola Davis menjadi aktris kulit hitam yang menyesatkan banyak mendapat nominasi di sejarah penyelenggaraan Oscar.
  8. Academy Awards akan berlangsung dalam 25 April, di Teater Dolby di Hollywood, tempat diadakannya secara tradisional, & di Union Station Longgar Angeles. Academy of Motion Pictures Arts and Sciences untuk sementara mengubah kaidah kelayakan mereka dengan mengakui film yang memulai debutnya di layar streaming bukannya rilis di teater.   (Forbes/M-2)