TIMO Werner melanjutkan ketajaman untuk membawa RB Leipzig tampil bergairah dan sukses mengalahkan tuan rumah FC Koln dengan skor 4-2 pada tambahan Bundesliga, kemarin dini hari.

Werner mengecap satu gol pada menit ke-50. Itu merupakan gol ke-31 musim ini, termasuk 25 gol pada Bundesliga. Ia hanya berjarak 4 gol dari bomber Bayern  Muenchen Robert Lewandowski yang mencatatkan 29 gol.

Adapun tiga gol lainnya dilesakkan Patrick Schick menit  ke-20, Christopher Nkunku menit ke-38, dan Daniel Olmo menit ke-57. Tim tuan rumah sempat mengejutkan Leipzig dengan gol cepat John Cordoba dalam menit ke-7 dan sepakan berpenat-penat Anthony Modeste menit ke-55.

Direktur Gerak Leipzig Oliver Mintzlaff menyanjung  spirit Timo Werner dan kawankawan buat membalikkan  keadaan. Sejak tertinggal akibat ulah Cordoba, pasukan Julian Nagelsmann tampil militan. Serangan bergelombang tetap dilancarkan melalui barisan gelandang kreatif Daniel Olmo dan sayap energik Christopher  Nkunke.

Hasilnya, mereka berhasil me 4 gol dari 8 percobaan tepat sasaran ke gawang Timo Horn. “Kami bertekad meraih tiga poin, kami berhasil. Tapi cukup  menyebalkan ketika harus tertinggal bertambah dulu dan menyia-nyiakan sejumlah jalan, ” ungkap Mintzlaff.

Hasil itu membawa Leipzig menduduki peringkat tiga klasemen sementara dengan 58 poin dan menjaga asa untuk lolos ke Liga Champions musim depan. Leipzig masih harus mewaspadai Bayer Leverkusen di peringkat lima yang cuma berjarak 2 poin.

Jika tergelincir pada lima laga sisa, Leipzig kudu menelan pil pahit absen di kompetisi elite ‘Benua Biru’ di dalam musim depan. Kecuali jika Leipzig mampu mengangkat  trofi Liga Champions musim ini.

“Kembali ke Liga Champions musim depan ialah target awak, tapi tekanannya luar biasa. Semua orang harus berusaha keras dan tetap fokus, ” ujar Mintzlaff.

Ada penonton

Dari Italia, Presiden Federasi Sepak Bola Italia atau FIGC Gabriele Gravina, kemarin, menginginkan penonton bisa hadir langsung di stadion sebelum Liga Italia Seri A musim 2019/2020 sudah.

Cahaya A musim ini akan dilanjutkan pada 20 Juni dengan langgar pembuka antara Torino dan Parma. Ini satu dari empat sabung pekan ke-26 yang harus ditunda pada 9 Maret, imbas pandemi covid-19.

Tiga laga lainnya ialah Hellas Verona melawan Cagliari,   Atalanta jumpa Sassuolo, dan Inter Milan kontra Sampdoria. Lanjutan Seri A akan digelar tanpa penonton.

Namun, Gravina menginginkan kehadiran penonton dalam jumlah terbatas di stadion untuk membantu tim kesayangan mereka. Setidaknya kira-kira laga sebelum musim berakhir, fan dapat hadir dan mampu mengobati kerinduan menonton pertandingan secara langsung.

“Saya berharap dapat melihat kehadiran meski sedikit  penonton di stadion pada akhir kompetisi, ” kata Gravina. “Tapi hingga kini belum terpikirkan mengenai itu. Tentu saja masih terlalu dini untuk membicarakannya. Bakal tetapi, dengan kembali dimulainya  Seimbang A, setidaknya ada sedikit jalan untuk itu, ” ungkap Gravina.

Sebelumnya, FIGC telah menguraikan pedoman dimulainya  Seri A dengan hanya mengabulkan 300 orang di stadion,   termasuk pemain, staf klub, staf medis, anak gawang, dan petugas televisi. (AFP/R-2)