LA Liga Spanyol sudah mendekati simpulan. Real Madrid butuh penyemangat agar tampil sebagai juara musim ini untuk mengakhiri penguasaan Barcelona dalam dua musim terakhir. Karena itu, Madrid telah bersepakat bersama mahkamah kota menyusun skenario menggelar parade juara.

Wali Kota Madrid Jose Luiz Martinez-Almeida menjamin  akan ada perjamuan di jantung kota, Plaza de Cibeles.   Namun, dengan catatan, perayaan digelar dengan protokol kesehatan tubuh ketat.

“Ini harus dirayakan. Tentu saja ini pencapaian yang  luar pokok, tetapi perayaan harus berlangsung dengan  keamanan yang ketat, ” cakap Martinez-Almeida, dilansir  dari Marca.

Rencana yang telah disusun jauh-jauh hari tentu membuat pasukan Los Blancos termotivasi. Sergio Ramos dan kolega tak ingin menyia-nyiakan kesempatan terus melaju di puncak klasemen ketika menjamu Alaves, dini hari nanti. Tiga angka adalah torehan yang wajib diraih Los Blancos untuk balik menjauh dari Barcelona.

Madrid kini ulung satu poin atas Barcelona dengan kemarin  dini hari unggul 1-0 pada Espanyol melalui gol tunggal  Luis Suarez. Madrid harus meraih tiga kemenangan dari  empat laga tersisa agar rencana perayaan di Plaza de  Cibeles tak berantakan.

Modal Madrid cukup menjanjikan dengan tren positif  meraih tujuh kemenangan beruntun sejak La Liga kembali  bergulir. Juru taktik Zinedine Zidane mampu mendatangkan anak asuhnya mengemas tiga pokok meski kerap bermain di bawah  tekanan lawan dan tampakkesulitan mengecap gol.

Selain itu, lini belakang juga kian solid dengan bukti mencatatkan nirbobol di empat laga terakhir. Bukan tanpa  alasan Los Blancos diunggulkan pada laga kali ini.

Varane diragukan

Satu problem Zizou, sapaan Zidane, saat menjamu Alaves  ialah kemungkinan absennya bek Prancis Raphael Varane  yang cedera punggung. “Dia kesulitan saat ini karena  ada benturan di tulang belakang. Dokter masih melihat  kondisinya dan kita harus menunggu, ” kata Zizou.

Namun, Zizou sedikit bernapas lega dengan Eder Militao  yang tampil baik saat mengalahkan Athletic Bilbao, pekan lalu. “Itu menunjukkan kedalaman skuad kami. Kami mengganti pemain bukan karena bermain buruk, tapi memang dibutuhkan oleh tim, ” ujar Zizou.

Sementara itu, di pihak lawan, Alaves tengah berjuang  kembali ke jalur kemenangan. Rekor buruk dengan hanya satu kemajuan di tujuh laga terakhir membina Asier Garitano lengser dari status pelatih.

Kini, tugas berat menanti manajer baru, Juan Muniz.   Bukanlah modal yang bagus bagi Alaves ketika harus bertamu ke Stadion Alfredo Di Ste fano.

Dari Liga Primer Inggris, Liverpool melanjutkan kekuatan dengan menundukkan Brighton 3-1, kemarin dini hari. Dua gol Mohammed Salah dan satu gol Jordan Henderson hanya bisa dibalas kepala gol oleh Leandro Trossard. Dua gol itu membuat Salah telah berkontribusi
100 gol dalam liga dengan 73 gol & 27 assist .

Liverpool meraih kemenangan ke-30 musim tersebut, menyamai torehan musim 1978/1979 & 2018/2019. Liverpool berpeluang besar meninggalkan catatan itu karena masih mempunyai empat partai sisa melawan Burnley, Arsenal,   Chelsea, dan Newcastle. Koleksi 92 poin juga kian
mendekati rekor milik Manchester City dua musim lalu  secara 100 poin. (Marca/AFP/R-2)