CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta mengungkapkan bahwa perbaikan kalender MotoGP 2020 kemungkinan muncul pada awal Juni. Namun dia masih akan menunggu jadwal mutakhir Formula 1 untuk menghindari berlaga balapan.

Sebagai pemegang hak komersial MotoGP, Dorna Sports ingin memulai musim yang tertunda karena pandemi virus corona pada Juli nanti.

Mereka pula pekan ini telah sepakat dengan pemerintah Andalusia dan Dewan Kota Jerez mengajukan proposal kepada pemerintah Spanyol untuk menggelar dua kemuliaan pembuka MotoGP di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, plus satu seri WorldSBK.

Kedua Grand Prix MotoGP untuk agenda 19 dan 26 Juli, tengah seri Superbike mengambil slot tanggal 2 Agustus.

“Kami menunggu jawaban sejak Pemerintah Spanyol terkait hal tersebut pekan depan, ” kata Ezpeleta dalam wawancara video seperti dilansir laman resmi MotoGP, Jumat, (8/5).

Pada tengah krisis kesehatan global, lengah satu cara meyakinkan negara majikan rumah dan penyelenggara adalah dengan skenario balapan tanpa penonton.

Tak hanya dua seri balapan, Ezpeleta serupa mengajukan kemungkinan untuk menggelar sesi tes Di Jerez sebelum Grand Prix. “Proposal kami untuk menimbulkan tes pada Rabu, sebelum akhir pekan. ”

Sementara itu, Formula satu juga memiliki rencana memulai musim balapan yang tertunda pada minggu pertama Juli di Austria.

“Kami melayani prosedur yang serupa dengan sejumlah pemerintah negara yang berbeda yang kami tuju. Kami kira mungkin awal Juni kami bisa mengusulkan takwim definitif karena kami mencari tanggal berbeda dan karena kami pula menunggu kalender Formula 1 untuk menghindari bentrok, ” kata tempat.

Pandemi korona memaksa sebelas Grand Prix yang ada di kalender MotoGP tak bisa digelar sesuai rencana, diawali seri pembuka di Qatar yang batal pada awal Maret.

Penyelenggara Grand Prix Jerman, Belanda, & Finlandia juga memutuskan untuk membekukan balapan tahun ini. (OL-8).