Kepala Penasihat Ilmiah Pemerintahan, Patrick Vallance, menyebut kasus covid-19 dalam Inggris Raya saat ini bertambah ganda setiap tujuh hari, & jika terus berlanjut dapat menyentuh 50. 000 kasus tambahan per hari pada pertengahan Oktober.

Membaca juga: https://mediaindonesia.com/read/detail/329593-inggris-akan-distribusikan-jutaan-alat-tes-antibodi-covid-19

“Sekarang itu kami kira wabah tengah berlipat ganda secara kasar setiap tujuh hari, ” kata Vallance dalam pemaparan pers yang disiarkan di televisi, Senin (21/9). “Jika, serta betul-betul jika, hal itu berlaku terus-menerus, kita akan berakhir dengan 50 ribu kasus di pertengahan Oktober, per harinya, ” ujar Vallance. Ia menambahkan bahwa itu akan mengarah pada lebih daripada 200 kematian per hari di bulan berikutnya.

Vallance menyebut apa yang ia sampaikan bukanlah prediksi, tetapi hal yang memang akan terjadi jika virus korona terus menyebar dengan kecepatan seperti saat tersebut. “Lalu yang menjadi tantangan ialah memastikan bahwa penambahan dua kali lipat tidak terus terjadi di tujuh hari, serta memastikan kalau kita tidak akan memasuki pertumbuhan yang eksponensial ini, ” kata dia. (Ant/OL-12)