FRANCO Morbidelli mengincar podium pertamanya di Sirkuit Jerez-Angel Nieto ketika Grand Prix Spanyol akhir pekan tersebut sedangkan rekan satu timnya, Valentino Rossi, akan berusaha menebus kesalahan setelah batal finis di GP Portugal.

Morbidelli akan berharap hasil positif di Portimao masa ia finis P4, menjelma bekal baginya merengkuh tribune GP Spanyol yang belum pernah ia rasakan.

Kendati demikian, Morbidelli tercatat pernah dua kali start dibanding baris terdepan di Spanyol (2019-MotoGP dan 2017-Moto2).

“Trek di Jerez sangat baik dan saya cepat dalam sana. Tahun lalu kami sangat nyaris finis tribune di kedua balapan dengan kami jalani di Jerez, jadi saya berharap kami bisa mewujudkannya menjadi podium kali ini, ” logat Morbidelli seperti dikutip laman resmi tim Petronas Yamaha SRT, Selasa (27/4).

“Tahun ini kompetisi lebih tangguh dan level yang bertambah tinggi, tapi saya hendak mencoba sekeras mungkin untuk mendekati tiga besar dan kita tinggal tunggu dan lihat apakah saya bisa meraihnya.

Sementara itu, Rossi pernah finis podium sebesar 13 kali di kurun MotoGP dan 500cc, tujuh di antaranya sebagai pemenang balapan.

Pebalap veteran Italia itu terakhir kali naik tribune di sirkuit Spanyol tersebut setelah finis P3 di balapan kedua di Jerez, GP Andalusia.

“Saya menemui Jerez adalah salah mulia sirkuit di kalender MotoGP yang paling saya tunggu untuk balapan setiap tahun, karena saya memiliki sejumlah kenangan luar biasa di sana, ” kata Rossi.

“Bahkan, tahun lalu saya pada podium di balapan ke-2 musim itu, GP Andalusia.

“Kecepatan saya selama balapan di Portugal terakhir kala cukup baik, kami menghasilkan sejumlah perbaikan, jadi awak menuju balapan keempat tahun ini dengan optimisme dengan lebih besar dari sebelumnya.

“Tentunya banyak pebalap dengan akan tampil kuat pada Jerez, karena kami seluruh sangat paham itu, tapi kami akan mencoba dengan terbaik dan melihat apa yang bisa kami kerjakan untuk kembali ke kondisi teratas di mana kami seharusnya berada. ”

Kendati tiga balapan yang sudah digelar disapu bersih sebab pasukan Yamaha, awal musim 2021 cukup berat bagi The Doctor yang tahun ini menjadi pebalap tim satelit Yamaha, bertukar dipan dengan Fabio Quartararo.

Rossi kesulitan mendekati peringkat sepuluh besar di dua balapan di Qatar dan rusak finis di Portugal setelah terjatuh di lap ke-14, meski sempat tampil cepat dengan mengamankan P4 di babak kualifikasi GP Qatar.

Quartararo memuncaki klasemen tatkala dengan 61 poin diikuti oleh pebalap tim Ducati Francesco Bagnaia yang membuntuti di peringkat dua secara jarak 15 poin, dan Maverick Vinales yang melekat 20 poin. (OL-8)