PEMERINTAH Kota Surabaya mengeluarkan surat edaran yang melarang warga melakukan perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, termasuk suangi tirakat 17 Agustus.

Larangan itu tertuang dalam surat edaran Nomor 003. 1/7099/436. 8. 4/2020 tertanggal 10 Agustus 2020 ditandatangani Hendro Gunawan sebagai Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Surabaya.

“Perayaan maupun lomba mendatangkan kerumunan warga, karena itu kami  larang, ” prawacana Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Pengerjaan Covid-19 Kota Surabaya Hendro Gunawan di Surabaya, Senin (10/8).

Membaca juga:   Meriahkan HUT RI Warga Jambi Berlomba Kreasi Kedok

Pihaknya menganggap kegiatan malam tirakatan/tasyakuran dan lomba-lomba kampung mendapatkan nilai sebagai kegiatan berisiko cukup luhur dalam penyebaran covid-19 di wadah kegiatan.
 
“Berdasarkan hal sebagaimana tersebut pada angka 1 (satu), maka kepada semesta masyarakat untuk tidak melaksanakan kegiatan lomba dan malam tirakatan/tasyakuran serta kegiatan lainnya yang dapat menerbitkan kerumunan dalam rangka Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun 2020, ” ujarnya.

Surat edaran ini sudah disebar ke camat dan lurah se-Kota Surabaya agar disosialisasikan ke warga.

“Camat dan Lurah juga diminta Bu Wali Kota agar memperhatikan pelaksanaan Peringatan HUT ke-75 Kebebasan RI tahun 2020 di provinsi masing-masing, ” pungkasnya. (OL-5)