TRAH muda Papua berharap Partai NasDem bisa ikut manjadi bagian pada proses demokratisasi dalam memperjuangkan hak-hak rakyat Papua. Tokoh muda Papua Samuel Tabuni berharap keberadaan kelompok yang dipimpin Surya Paloh itu mampu menjembatani para pemuda/generasi muda Papua dalam menampilkan wajah & karakter keaslian Papua.

“Kami berharap Partai NasDem di Papua harus menjadi partai yang demokratis, terbuka dan jujur dari mulai kepemimpinan wilayah, pimpinan cabang hingga pimpinan ranting, ” kata tokoh muda Papua Samuel Tabuni dalam keterangan persnya, Sabtu.

Samuel yang merupakan kader NasDem Papua mengaku khawatir apabila kelompok yang dipimpin Surya Paloh itu dikuasai sekelompok orang atau elite yang tidak memahami kondisi orang asli Papua.

Karena itu, dalam proses pencarian/seleksi/calon pemimpin/kader terbaik harus mengingat faktor-faktor yang betul-betul dapat meningkatkan elektabilitas partai dengan melihat di aspek ketokohan, elektabilitas calon, & kemampuan dalam membangun nilai-nilai baik di masyarakat.

Baca juga:   Pemkot Yogya Klaim Berkecukupan Jalani Kenormalan Baru

“Jangan sampai akhirnya memilih calon yang memiskinkan orang asli Papua, ” tegasnya.

Samuel menyarankan agar NasDem tidak harus melihat aspek sistem noken sebagai ukuran pemenangan salah satu calon, khususnya di wilayah pegunungan Papua. Karena kenyataannya sistem ini tidak dikendalikan oleh kepala suku dan arsitek agama, melainkan dikendalikan oleh penyelenggara yang tidak dewasa dan tidak bertanggung jawab.

Samuel menyebutkan, dirinya tidak ingin tingkat kepercayaan masyarakat Papua kepada NasDem menjadi turun atau kesulitan dalam meraih suara dengan baik akibat praktik yang memeriksa merusak demokrasi.

“Kami tidak ingin elektabilitas Partai NasDem ke depan mengalami penurunan hasil pemilihan yang kaya akibat perilaku tidak etis yang dilakukan sekelompok elite di Papua, ” pungkasnya. (OL-7)