ESRI Indonesia mengumumkan para pemenang penghargaan sistem data geografis (GIS Award). Penghargaan itu merupakan wujud apresiasi terhadap sekolah tinggi yang berperan dalam percepatan alterasi digital dan teknologi geospasial.  

“Penghargaan ini merupakan apresiasi tinggi kami kepada para pendidik, siswa, & komunitas yang telah menerapkan solusi geospasial untuk mengajar, melakukan penelitian dan tentunya pada akhirnya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, ” kata CEO Esri Indonesia Achmad Istamar dalam keterangan, Senin (21/12/2020).

Baca juga:   Kemenkeu Klaim Realisasi PEN Capai 69, 6%

Achmad menambahkan, bermitra dengan bervariasi universitas di Indonesia adalah salah satu prioritas utama untuk mendukung bervariasi penelitian berbasiskan inovasi di semesta negeri. Sejak 2014 Esri Indonesia telah bekerja sama dengan bertambah dari 39 universitas dan 7. 984 lisensi telah digunakan.  

“Kami senang dapat berkolaborasi dengan universitas terkemuka dan para pakar yang telah berkontribusi pada kemajuan teknologi geospasial, ” imbuhnya.  

Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Mochamad Ashari mengatakan, GIS memungkinkan pihaknya pendidikan masalah terkini yang dihadapi dunia. Menurut dia, informasi geografis juga membuat pihak kampus dapat mewujudkan keputusan yang bijaksana.  
 
“Ini juga menguatkan para siswa kami untuk berfikiran lebih kritis dan terus mempertajam keterampilan analisis spasial yang dibutuhkan dalam angkatan kerja saat itu, ” terang Ashari.  

Sementara itu, Rektor Universitas Indo Global Sendiri Marzuki Alie mengatakan, memenangkan GIS Award dari Esri Indonesia memeriksa pencapaian dan dedikasi terhadap teknologi geospasial.  

Bersama Esri Indonesia, kami dapat membekali siswa kami secara keterampilan yang dibutuhkan dan positif mereka meraih kesuksesan di era digital yang semakin maju.  

Baca juga:   Gibran Terseret Kasus Bansos, Relawan: Fitnah Pengusaha Hitam

“Program pendidikan ini sudah menyatukan pengalaman industri dunia nyata dalam perangkat lunak GIS secara latihan praktik terbaik, ” tutur Marzuki.  

Di era pandemi covid-19, Esri Indonesia bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi mengintegrasikan berbagai informasi geospasial dan memvisualisasikannya di dalam dashboard pemetaan dinamis. (RO/A-3)