SUNGAI Beringin, Praja Semarang, Jawa Tengah meluap. Ratusan rumah di Mangkang Wetan serta Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang terendam banjir dengan ketinggian menyentuh 1 meter, Kamis (3/12) subuh. Tim gabungan terdiri dari Kepolisian, TNI, Damka, BPBD, Balai Gede Wilayah Sungai dan relawan tetap melakukan penanganan banjir di Mangkang Wetan dan Mangunharjo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang dengan membersihkan lendut dan sampah akibat banjir. Kini banjir sudah surut.

Sebagian tim lainnya membantu warga yang kesulitan karena banjir setinggi 30 centimeter masih merendam rumah mereka. Setelah semalaman mereka harus berendam air setinggi 1 meter akibat meluapnya Sunfai Beringin.

“Banjir bandang datang sekitar memukul 00. 00 WIB, air menyelundup ke dalam rumah dan me kasur, meja, TV, kulkas, pesawat cuci dan barang lainnya, ”  kata Zainuri, 55, warga Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Makin tidak hanya itu, ungkap Zaenuri, rumah yang dihuni delapan jiwa juga tidak lagi dapat ditempati karena ntaris roboh dengan penghalang miring serta atap bagian pendahuluan sudah ambruk.  

“Sementara keluarga mengungsi di rumah saudara, ”  imbuhnya.

baca juga:   Tiga Wilayah di Desa Sukabungah Cianjur Diterjang Bencana Banjir

Camat Tugu M Imron mengatakan sejak semalam awak gabungan sydah diturunkan untuk menolong warga terkena banjir di Mangkang Wetan dan Kulon, mereka mengevakuasi beberapa keluarga yang terkema banjir paling parah.

Sejak pagi setelah air mulai surut, ungkap Imron, tim bergerak melakukan penanggulangan dengan membenahi tanggul sungai yang jebol & membersihkan material terbawa banjir.  

“Ada dua tanggul yang jebol memjadi penyebab banjir, ”  ujarnya. (OL-3)